13 orang di kawasan Pasar Flamboyan harus tes swab masa sidak Forkipimda Kalbar.

REPUBLIKA. CO. ID, PONTIANAK — Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go mengatakan, sebanyak 13 warga yang kedapatan tidak pakai masker di kawasan Pasar Flamboyan, Kota Pontianak langsung dilakukan tes belai ( swab tes ) saat jajaran Forkopimda Kalbar melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan sosialisasi penggunaan masker.

“Sebanyak 13 orang dari kesibukan tadi langsung dilakukan tes usap, karena kedapatan tidak mematuhi aturan kesehatan, salah satunya menggunakan masker, ” kata Donny Charles Go di Kota Pontianak, Kamis (10/9).

Dia menjelaskan, sidak tersebut dilakukan ke beberapa kedudukan yang menjadi pusat keramaian klub di Kota Pontianak dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Donny menambahkan, kegiatan itu juga dilaksanakan secara sewaktu di seluruh wilayah Kalimantan Barat dengan melibatkan pemerintah daerah, TNI, dan Polri untuk menekan nilai penyebaran Covid-19.

“Untuk di Kota Pontianak pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen Muhammad Sinar Rahmad, Waka Polda Brigjen Asep Safrudin serta Forkopimda Pontianak, ” ujarnya.

Donny menuturkan, lokasi yang dikunjungi Forkopimda di dalam pagi ini yaitu pasar Flamboyan dan Pasar Kemuning. “Di besar lokasi ini, Gubernur Kalbar beriringan Pangdam dan Waka Polda mengabulkan imbauan kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker, jaga jarak & selalu mencuci tangan menggunakan bubuk, ” ujarnya.

Selain imbauan, dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar juga menggelar tes belai di lokasi pasar tradisional, pertama bagi masyarakat yang didapati tidak menggunakan masker. “Data sementara yang kami terima, khusus di Rekan Flamboyan yang menjadi titik pesta masyarakat, ada 13 orang yang dilakukan tes usap, ” tambahan Donny.