Nominasi American Music Awards 2020 akan diumumkan Oktober mendatang.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — ABC dan Dick Clark Productions mengumumkan bahwa “American Music Awards” (AMA) 2020 bakal kembali pada 22 November. Meski demikian, penyelenggara belum menjelaskan di format apa salah satu penghargaan musik utama di Amerika Serikat (AS) itu digelar.

Acara tahunan ini akan menghadirkan artis kenamaan. Adapun untuk nominasi akan diumumkan pada bulan Oktober.

Nominasi didasarkan pada metrik utama termasuk pemasaran album dan lagu digital, siaran radio, streaming, kegiatan sosial dan tur. Pengukuran ini dilacak sebab Nielsen Music/MRC Data dan Next Big Sound.

Di dalam perhelatan American Music Awards 2019, Taylor Swift dianugerahi penghargaan ‘Artist of the Decade’. Swift serupa membawa pulang total lima penghargaan termasuk album favorit untuk “Lover”. Tahun lalu, penyanyi Billie Eilish juga mendapat penghargaan sebagai seniwati junior, BTS untuk ‘Tour of The Year’ dan DJ Khalid untuk artis pria favorit.

American Music Awards menyerahkan penghargaan kepada seniman dalam berbagai genre musik, termasuk Pop/Rock, Alternative Rock, Country, Rap/Hip-Hop, Soul/R& B, Kontemporer, Inspirasional Kontemporer, Latin, EDM dan Soundtrack.

Selain itu AMA juga menganugerahkan penghargaan untuk artis pendatang mutakhir, kolaborasi terbaik, musik video unggul, lagu favorit dan artis unggul. Acara American Music Awards mau mengudara Ahad, 22 November tiba pukul 08. 00 hingga 23. 00 waktu setempat, demikian dilansir Variety pada Ahad (19/7).