Sidak adat kesehatan dilakukan bersama tim ikatan dari TNI/Polri, dan BPBD.

REPUBLIKA. CO. ID,   BADUNG — Pemerintah Kabupaten Kepala, Bali, terus menggencarkan sidak penerapan protokol kesehatan dalam upaya mengantisipasi dan memutus mata rantai penyaluran Covid-19 selama cuti bersama serta libur panjang. Sidak juga tahu warga untuk membiasakan diri mematuhi protokol kesehatan.

“Sidak ini kami lakukan selain untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di pada masa liburan panjang cuti bersama juga untuk mengingatkan masyarakat maupun wisatawan untuk membiasakan diri mematuhi kebiasaan adaptasi kelaziman baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ” ujar Pjs Bupati Badung Ketut Lihadnyana dalam bahan Humas Badung yang diterima pada Mangupura, Jumat (30/10).

Ia mengatakan, kegiatan sidak dan penilikan ini dilaksanakan dengan melibatkan Tim gabungan dari TNI, POLRI, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Relasi dan sejumlah unsur terkait. Sidak dilakukan dengan menyasar warga maupun wisatawan yang melanggar protokol kesehatan tubuh, seperti tidak menggunakan masker dan tidak melaksanakan social distancing & physical distancing.

Selain itu, sosialisasi dan sidak tersebut juga menyasar para pelaku usaha dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi kerumunan warga dan wisatawan serta melakukan tes cepat Covid-19 secara acak. Menurut Ketut Lihadnyana, berdasarkan data yang ada, pada dua minggu belakangan terakhir terjadi tren positif penanganan Covid-19 dalam Badung dengan jumlah masyarakat dengan tertular makin hari semakin menghunjam dan tidak ada lagi kawasan merah.

Untuk itu, dia mengimbau dan mengingatkan semua pihak untuk selalu taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mengingatkan agar masyarakat menerapkan ideal hidup bersih dan sehat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 termasuk di masa libur panjang tersebut.

“Harapan kami tentu bangsa hidup di era kebiasaan terakhir, agar membiasakan diri keluar panti memakai masker dengan benar, celik jarak dan hindari kerumunan, biasakan cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir maupun hand sanitizer dan jaga imun tubuh dengan cara makan makanan dengan bergizi serta terapkan pola tumbuh bersih dan sehat, ” ungkapnya.

sumber: Antara