Intensitas hujan dan banjir Sudan pada 2020 melampaui rekor pada 1946 dan 1988.

REPUBLIKA. CO. ID, KHARTOUM — Banjir yang menewaskan 99 orang pada tahun ini mendorong Dewan Pertahanan dan Keamanan Sudan mendeklarasikan masa darurat nasional semasa tiga bulan. Kantor berita Sudan, SUNA , mengadukan dewan juga akan menetapkan kawasan bencana di Sudan.

Pada Sabtu (5/9), SUNA melaporkan bahwa Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Sudan mengatakan, banjir sudah menewaskan hampir seratus orang. Banjir yang terjadi di negara tersebut pada tahun ini juga mengoyak 46 orang.  

Hampir setengah juta orang terdampak pada kerusakan yang disebabkan banjir. Lebih dari 100 ribu rumah hancur total atau rusak beberapa.

Menteri Tenaga Kegiatan dan Pembangunan Sosial Sudan Cuai el-Sheikh Mahjoub mengatakan, intensitas hujan dan banjir pada tahun itu melampaui rekor yang pernah dicetak pada tahun 1946 dan 1988. Mahjoub mengatakan diperkirakan indikatornya sedang terus meningkat.

SUNA melaporkan Dewan Pertahanan dan Keamanan Sudan juga mengumumkan formasi komite tertinggi yang dipimpin oleh Departemen Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial. Komite itu berfungsi menangani buah banjir musim gugur 2020.

sumber: Reuters