Saat itu Arsenal telah kehilangan individualitas sejati.

REPUBLIKA. CO. ID, AMSTERDAM — Legenda Arsenal, Dennis Bergkamp, meyakini klub asal London Utara, the Gunners, harus memulihkan DNA yang dimiliki oleh klub. Pasalnya, masa ini Arsenal telah kehilangan identitas sejati.

“Saya memainkan bagian istimewa dalam karier saya pada Arsenal dan mendapat kesaksian di sana, ” cakap Bergkamp kepada Voetbal International dilansir Tribal Football , Jumat (21/5).

Bergkamp ialah salah satu penggawa perkumpulan saat meraih status invisible pada 2004 lalu, dan kini ia menjadi lupa satu bagian dari grup, termasuk bilyuner asal Swedia Daniel Ek, yang ingin mengambil alih Arsenal.

Pasalnya, situasi pemilik klub saat ini Stan Kroenke tengah mendapatkan banyak sorotan dari suporter pada beberapa tahun terakhir. Terlebih tahun ini Arsenal gagal menembus kompetisi Eropa untuk pertama kali sejak 26 tahun terakhir.

“Klub ada di sinting saya. Saya telah menjelma penggemar pemain, seperti Patrick Vierra dan Thierry Henry. Saya semakin mengenali Arsenal sejak zaman kami, ” sambung pria asal Belanda itu.

Tahu mantan klubnya terseok-seok pada papan tengah klasemen Asosiasi Primer Inggris dalam kaum musim terakhir, Bergkamp pula mengaku pemain Arsenal serta staf pelatih harus membuktikan ambisi besar di di setiap pertandingan.

“Ambisi untuk memenangkan gelar terkemuka ada dalam DNA Arsenal. Tak pernah menerima keruntuhan, mentalitas itu perlahan mulai hilang. Saya merasa DNA Arsenal harus dikembalikan, ” kata Bergkamp.

Arsenal saat ini berkecukupan di posisi sembilan klasemen Liga Primer Inggris dengan perolehan 58 angka lantaran 17 kemenangan, tujuh ragu-ragu, dan 13 kekalahan. Akhirnya skuad besutan Mikel Arteta tidak akan ambil arah pada kompetisi elite Eropa musim depan.