Kota Basque seharusnya menjadi tuan rumah pertandingan di Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO — Wilayah Bilbao, Spanyol akan menjadi tuan rumah dua final besar setelah gagal menjadi kota tuan rumah di Euro 2020. 

Kota Basque seharusnya menjadi tuan rumah pertandingan di Euro 2020 sebagai bagian dari kompetisi seluruh benua, tetapi pandemi membuat San Mames dari Athletic Club ditarik dari daftar venue. 

UEFA memberi tahu setiap kota bahwa mereka harus mengizinkan setidaknya 25 persen kapasitas permainan untuk terus menjadi kota tuan rumah Euro, dan Bilbao tidak senang melakukannya. Itu berarti pertandingan Spanyol dipindahkan ke La Cartuja di Sevilla dengan absennya Bilbao, sementara Dublin mengalami nasib serupa. 

Namun sebagai hasilnya, San Mames sekarang akan mendapatkan dua final utama dengan Liga Champions Wanita 2024 yang akan diadakan di stadion, serta final Liga Europa 2025. 

Sementara itu, Dublin telah menjadi tempat final Liga Europa 2024. 

Langkah ini berarti dua dari empat final Liga Europa berikutnya akan diadakan di Spanyol dengan stadion milik Sevilla, Ramon Sanchez Pizjuan, menjadi tuan rumah final musim mendatang.