REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur memusnahkan barang sitaan narkotika jenis sabu seberat 6. 430 gram, dengan diamankan dari empat simpulan. Pada kesempatan yang persis, BNNP Jatim juga menghancurkan 203. 000 butir pil ekstasi.

Kabid Pemberantasan BNNP Jatim, Daniel Y. Katiandagho menjelaskan, barang haram tersebut di antaranya disita dari tersangka MZ, yang dilakukan interpretasi di Jombang pada 10 Maret 2021. Saat dikerjakan penangkapan, ditemukan barang keterangan narkotika jenis sabu seberat 846 gram yang dikemas dalam 9 bungkus plastik dan diletakkan di kolong jok mobilnya.

“Saat dilakukan pengembangan dan pengeledahan bahan di rumahnya tersangka pada Bangil, Pasuruan, ditemukan obat keras berbahaya warna putih berlogo YY sebanyak 203. 000 butir, ” ujar Daniel di Surabaya, Selasa (22/6).

Barang bukti dengan dimusnahkan juga disita dari tersangka AR dan BS yang dilakukan penangkapan pada Pintu Exiy Tol Waru, Surabaya, pada Rabu, 18 Mei 2021. Kedua simpulan ditangkap saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bangkalan, Madura, untuk melakukan pengiriman barang narkotika jenis sabu.

Saat dilakukan penangkapan, petugas mengamankan empat paket narkotika jenis sabu dengan total 4. 003 gram, yang terbungkus plastik putih. Plastik putih tersebut dimasukkan ke dalam tas kresek merah, yang kemudian dikemas lagi menggunaka  tas goodie bag warna muda dan ditutupi pakaian.

Belakang, sitaan narkotika jenis sabu yang dimusnahkan didapat lantaran tersangka MM yang ditangkap di Tuban pada 5 Juni 2021. MM ditangkap saat melakukan perjalanan sejak Jakarta menuju Surabaya. Sejak tangan tersangka diamankan barang bukti berupa dua paket narkotika jenis sabu seberat 1. 581 gram. Pada perbuatanya tersebut, para simpulan diancam Pasal 114 bagian (2) Subs pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.