Hindari membersihkan buah dan daun dengan penyemprot disinfektan dan tisu pembersih.

REPUBLIKA. CO. ID, NEW DELHI — Menjaga kebersihan bahan dan sayur yang akan dikonsumsi sangat penting demi kesehatan diri dan keluarga. Terlebih, merebaknya pandemi Covid-19 menambah kekhawatiran apakah bahan dan sayuran sudah higienis & aman disantap.

Otoritas Keamanan dan Standar Makanan India (FSSAI) sudah membuat pedoman terkait hal itu. FSSAI merekomendasikan kepada warga India untuk melakukan sejumlah penanganan kepada buah dan sayuran supaya aman kebersihannya.

Pedoman pertama adalah membiarkan buah dan sayur tetap dalam kemasan yang didapat dari penjual. Selanjutnya, simpan bahan dan sayur dalam bungkusan ataupun kemasan itu di tempat dengan terisolasi selama beberapa waktu minus menyentuhnya.

Siapkan minuman hangat untuk mencuci buah serta sayur. Jika perlu, tuangkan setetes klorin 50 ppm dalam satu baskom air hangat untuk menggenangi buah dan sayuran. Setelah tersebut, bersihkan kembali buah dan tumbuhan dengan air matang.

Langkah pembersihan berlapis itu mendirikan buah dan sayur lebih aman untuk dikonsumsi secara mentah ataupun diolah menjadi berbagai hidangan. Perlu diingat bahwa mencuci buah & sayur hanya boleh menggunakan tirta segar.

Hindari membersihkan buah dan sayur dengan penyemprot disinfektan, tisu pembersih, atau sabun. Zat yang terkandung dalam rentetan pembersih itu bisa merusak karakter buah dan sayuran, serta menghambat proses pembersihan.

Terkait cara penyimpanan, buah dan daun cukup diletakkan di keranjang atau rak pada suhu kamar. Beberapa jenis bisa disimpan di lemari es, tetapi jangan sekali-sekali meletakkannya di freezer karena akan membuat teksturnya rusak.

Dilansir dalam laman NDTV Food , Rabu (1/7), FSSAI tahu pentingnya mengikuti pedoman pembersihan serta penyimpanan makanan dari sumber terpercaya. Otoritas mengimbau masyarakat untuk tak mudah memercayai informasi tanpa dasar.
slot online