REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek vaksinasi door to door yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) di Kampung Nelayan Sentolo Kawat, Cilacap, Jawa Tengah. Vaksinasi di daerah tersebut menjadi bagian dari kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan serentak di 10 provinsi. Adapun jumlah vaksin yang disediakan sebanyak 107 ribu buah.

“Kita harapkan dengan pelayanan seperti ini semakin banyak masyarakat yang ikut dalam program vaksinasi massal,” kata Jokowi dalam siaran pers, Kamis (23/9).

Jokowi tampak didampingi Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut hadir menemani. Jokowi mengatakan, vaksinasi door to door dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Jokowi kemudian berharap kegiatan tersebut mampu mempercepat proses vaksinasi yang ada di Indonesia. Dalam kesempatan itu pula Presiden mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan meskipun telah divaksin. “Jangan lupa meskipun sudah divaksin, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan. Utamanya memakai masker,” kata Jokowi.

Selain Jawa Tengah, vaksinasi door to door BIN juga digelar di Jawa Timur, Sumatra Utara, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku. BIN juga menggelar vaksinasi untuk pelajar dan santri serta turut memberikan bantuan sosial berupa paket sembako dan vitamin.