Garam organik ini berasal dari Desa Kusamba.

REPUBLIKA. CO. ID,   BALI — Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta membawa daerahnya membudidayakan salah satu komoditi pokok di sana, garam. Langkah yang sekaligus dilakukan guna menyejahterakan petani di daerah Kusamba, Klungkung tersebut mulai memetik hasil.

Garam organik beryodium asli lantaran Desa Kusamba yang diproduksi secara tradisional, diolah dan dikemas secara modern, mampu menghasilkan garam bercita rasa gurih yang bermanfaat bagi kesehatan dengan kandungan yodium. Suwirta menjelaskan, Garam Kusamba memiliki kaum keunggulan, Indikasi Geografis merupakan salah satunya

“Garam Kusamba telah memiliki nama yang berdampak pada reputasi, kualitas dan karateristik yang telah sebati Standar Nasional Indonesia (SNI) yang menyatakan Garam Kusamba sudah mendapatkan Ijin edar BPPOM sehingga  Garam Kusamba sudah boleh beredar pada pasar Indonesia, ” papar Suwirta disela-sela acara peluncuran Garam Kusamba bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, dan Ketua AWAK Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta serta Sekretaris Wilayah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Kamis (23/7).

Suwirta mengharapkan tingkatan muda Desa kusamba dapat mengikuti berperan dalam melestarikan, melakukan produksi, dan pemasaran Garam Beryodium Kusamba. “Ini bukan soal peluncuran buatan, tetapi ini mengenai Kesejahteraan para-para petani Garam, ” ujar Suwirta.  

“Mari Manfaatkan Garam yang ialah Produk sendiri, sesuai anjuran Pemimpin RI Joko Widodo, mengenai bangga menggunakan Produk lokal, ” ajak Bupati Klungkung kepada masyarakat Klungkung.  

Manajer Koperasi Lembaga Ekonomi Kaya Pesisir Mina Segara Dana, I Gusti Nyoman Sadi Ari Anak menyatakan, lembaganya akan mengelola Garam Kusamba.

“Garam beryodium Kusamba ini kami beri label ‘Uyah Kusamba Kumandang Santi’ yang akan dijual kepasaran dengan harga Rp. 5. 000, – setiap 250 gram. Sedangkan untuk bahan baku garam, bagian Koperasi membeli perkilo garam buatan produksi petani Kusamba dengan kehormatan Rp. 10. 000, 00” logat Ari.

Untuk produksi garam beryodium, pihaknya menyatakan dalam sebulan dapat menghasilkan 14 ton garam atau satu. 2000 pcs dalam kemasan berukuran 250 gram.