Salah satu bukti yang mencolok adalah kekalahan 0-3 Barcelona atas Bayern Muenchen

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN — Mantan pemain Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge menyebut kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) musim ini menghancurkan semangat juang Barcelona.

Messi akhirnya memutuskan hengkang dari Camp Nou setelah berseragam Blaugrana selama dua dekade. Ini menjadi kehilangan besar bagi Barcelona mengingat Messi merupakan salah satu pemain paling berharga mereka.

Salah satu bukti yang mencolok adalah kekalahan 0-3 Barcelona atas Bayern Muenchen di partai pembuka Liga Champions, Rabu (15/9) dini hari WIB. Hal itu membuat Rummenigge yakin Barcelona masih sulit menyesuaikan diri tanpa kehadiran Messi.

“Kami tampil luar biasa dan berhak menang. Masih terlalu awal untuk bicara soal tim favorit (juara). Ini masih awal babak penyisihan,” katanya seperti dilansir Tribalfootball, Jumat (18/9).

Menurut Rummenigge, Barcelona tampil tanpa motivasi yang jelas karena tak ada sosok pemimpin seperti Messi. Menurutnya, penting bagi sebuah tim memiliki pemain yang menjadi contoh bagi rekan-rekan lainnya.

“Jika anda melihat timnya, mereka sebenarnya cukup taktis. Tapi tanpa ada Messi, jiwa mereka seakan kosong. Ini memang waktu yang sulit ketika Barcelona melepasnya. Liga Spanyol juga seperti mencetak gol bunuh diri dengan membiarkan dia pergi,” ujarnya.

“Mungkin (kepergian Messi) bukan masalah utama mereka. Kita tidak bisa berpikir ke arah sana. Menurut saya ada persoalan lain yang lebih besar,” ucapnya.