Jack Charlton juga merupakan bek legendaris Leeds United.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Mantan pemain timnas Inggris sekaligus bek legendaris Leeds United Jack Charlton meninggal dunia di dalam usia 85. Leeds mengonfirmasi kabar yang mengatakan bahwa kakak kandungan dari Bobby Charlton itu sudah tutup usia pada Jumat malam waktu setempat karena penyakit dengan telah lama dideritanya.

Berdasarkan laporan Sky Sport pada Sabtu, Charlton mencatatkan rekor penampilan perhimpunan sebanyak 773 kali untuk Leeds selama 23 tahun masa baktinya, menjadi salah satu bek tengah terhebat dalam sejarah sepak bola. Ia juga telah 35 kali mengenakan seragam timnas Inggris & bermain di setiap pertandingan pada Piala Dunia 1966 yang lalu dimenangi negaranya, mengalahkan Jerman Barat 4-2 di laga final pada Wembley.

Charlton pula sukses sebagai seorang pelatih. Ia mampu memimpin Republik Irlandia berlaku di Piala Dunia dan Pertarungan Eropa selama 10 tahun bekerja.

Setelah bergabung secara Leeds ketika berusia 15 dalam tahun 1950 sebagai bagian daripada staf lapangan, Charlton menandatangani kontrak profesional dan melakukan debut melayani Doncaster Rovers pada Sabtu, 25 April 1953 dengan hasil ragu-ragu 1-1 di Elland Road. Jack adalah bagian dari era Leeds paling sukses hingga saat tersebut.

Charlton dua kali membantu mengungguli promosi dari Divisi II sebagai runner-up pada 1955/1956 dan juara pada 1963/1964. Ia juga bagian sebab tim yang merebut gelar Beker Liga pada 1968, Piala Antar-Kota pada 1968 dan 1971, pendekar Divisi Pertama pada 1968/69, Charity Shield pada 1969 dan Piala FA pada 1972.

Charlton tampil perdana untuk timnas Inggris saat melawan Skotlandia pada 10 April 1965 dan merupakan bagian dari skuat Piala Dunia Inggris Sir Alf Ramsay pada 1966. Dia gantung sepatu pada akhir musim 1972/1973, dengan perlombaan terakhirnya melawan Southampton pada 28 April 1973.

Seiring dengan rekor 773 penampilannya, Charlton yang juga mencetak 96 lulus untuk Leeds, menjadikannya pencetak gol terbanyak kesembilan dalam sejarah perhimpunan.

“Jack meninggal secara damai pada Jumat 10 Juli pada usia 85, ” tulis keluarga dalam sebuah pernyataan. “Ia tutup usia di rumah Northumberland, dengan dikelilingi keluarganya. ”

“Selain teman bagi penuh orang, ia adalah suami, ayah, kakek dan kakek buyut dengan sangat dicintai. ”

“Kami tidak bisa mengungkapkan sungguh bangganya kami terhadap kehidupan luar biasa yang dimilikinya dan kebahagiaan yang dibawanya kepada begitu penuh orang di berbagai negara serta dari semua lapisan masyarakat. ”

“Ia adalah adam yang benar-benar jujur, baik, lucu, dan tulus yang selalu punya waktu untuk orang. Kehilangannya bakal meninggalkan lubang besar di sepanjang hidup kami, tetapi kami berterima kasih atas kenangan indah seumur hidup. ”

Timnas sepak bola Inggris sempat menyampaikan pernyataan bela sungkawa terhadap suku Charlton.

“Kami sedu mendengar berita bahwa Jack Charlton, anggota tim kami yang menundukkan Piala Dunia 1966, telah wafat dunia. ”

“Simpati yang terdalam kami untuk puak Jack, teman-teman dan mantan persatuan. ”

Asosiasi Sepak Bola Irlandia (FAI) juga menyerahkan ucapan bela sungkawa mereka pada akun Twitter mereka. “FAI sangat sedu mengetahui meninggalnya Jack Charlton, penyuluh yang mengubah sepak bola Irlandia selamanya. ”

“Pikiran kami bersama Pat dan suku pada saat yang menyedihkan ini. #RIP. ”

sumber: Antara