Mahasiswa KKN terjun langsung membantu masyarakat sesuai bidang ilmunya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada periode kali ini, aktif membantu program vaksinasi di berbagai puskesmas. Antara lain, program vaksinasi ibu hamil yang dilaksanakan di Kabupaten Banyumas mulai Senin (9/8).

”Program KKN UMP membantu program vaksinasi ibu hamil ini, terutama dilaksanakan oleh mahasiswa yang berasal dari prodi ilmu kesehatan dan kedokteran,” jelas dr Titik Kusumawinakhyu, selaku dosen pembimbing program KKN UMP.

Seperti yang dilakukan 5 mahasiswa UMP di Puskesmas Sokaraja 2, kelima mahasiswa yang terdiri dari Falah Dinar dan Muhammad Miftah dari Prodi Pendidikan Dokter, Himas dan Zain dari Prodi Farmasi, serta Sepi dari Prodi Teknologi Laboratorium Medik, membantu program vaksinasi bagi ibu Hamil di puskesmas tersebut.

Menurut dr Titik, melalui kegiatan perbantuan dalam program vaksinasi tersebut, para mahasiswa prodi kesehatan yang melakukan KKN bisa terjun langsung membantu masyarakat sesuai bidang ilmunya. ”Kegiatan yang dilakukan para mahasiswa, antara lain ikut membantu skrinning pra-vaksinasi, during vaksinasi dan pengontrolan post-vaksinasi atau mengawaki KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi),” jelasnya.

Menurut dr Titik, dalam program vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Sokaraja 2 tersebut, ada sebanyak 60 ibu hamil yang mengikuti program vaksinasi. ”Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi dari awal hingga akhir bisa berjalan lancar,” kata dia.