REPUBLIKA. CO. ID, SEMARANG — Empat mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah, bahan berpartisipasi dalam forum Gunma University Summer Programme 202.

Keempat mahasiswa yang bakal menjadi duta FK Unissula dalam perhimpunan mahasiswa internasinal tersebut per Alim Wida Tirta Kusuma, Alifya Az Zahra Adila, Camila Ratnadilla Safitri, dan Intan Permatasari Sutrisman.

Mereka akan memasukkan kegiatan tahunan yang mau dihelat di Jepang, mulai 28 Juni 2021 had 2 Juli 2021 mendatang, yang bakal dilaksanakan dengan virtual.

Menurut Alim Wida, kegiatan Gunma University Summer Programme 2021 tersebut bertujuan untuk saling  memperkenalkan budaya sekaligus juga melaksanakan project work mengenai beberapa isu kesehatan.

Nantinya, para mahasiswa yang berpartisipasi dari berbagai negara bakal dibagi menjadi kira-kira kelompok. “Sehingga, tiap grup anggotanya akan berasal dibanding berbagai negara yang berbeda, ” jelasnya, di Semarang, Rabu (23/6).

Sementara itu, koordinator agenda, Dr Yulien Chen mengirimkan, program ini memberikan kesempatan yang istimewa kepada para mahasiswa FK Unissula itu.

Sebab untuk kegiatan ini dibatasi hanya 30 peserta berasal sejak berbagai negara, di antaranya Indonesia, Singapura, China, Hungaria, serta Italia.

Mahasiswa akan banyak berinteraksi dalam bahasa Inggris dengan virtual dalam kegiatan yang awalnya telah dirancang untuk diselenggarakan secara offline .

“Namun karena sgunituasi pandemi Covid-19 di berbagai negeri, termasuk Indonesia yang masih belum terkendali, maka Gunma University sebagai tuan vila memutuskan untuk menggelar dengan daring.

Sebelumnya, lanjut Yulien Chen, Gunma University yang terletak 100 kilometer barat laut Tokyo dan memiliki tak kurang 6. 500 mahasiswa tersebut telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Unissula guna meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

“Salah satunya adalah student exchange yang implementasinya diwujudkan melalui kegiatan Summer Programe tersebut, ” tambahnya.