Giring bersama istrinya menanam beragam sayur di kebun rumahnya.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Semasa pandemi, pasangan Giring Ganesha & Cynthia Ganesha mulai bercocok tanam secara hidroponik, budidaya menanam secara memanfaatkan air tanpa menggunakan negeri. Metode ini menekankan pada pelepasan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Keinginan air pada hidroponik lebih kurang daripada kebutuhan air pada penanaman dengan tanah. Menurut pasangan tersebut, esensi bercocok tanam tidak cuma soal hidroponik atau tanah, melainkan bagaimana kita merawat itu menjelma sesuatu yang sehat dan bagus.

“Bagi kami, melihat sayuran yang kita tanam tiba dari bibit hingga tunas & bersemai itu ada kenikmatan tunggal bahwa tanaman dan sayuran yang kita sayangi nanti pada belakangan akan dimakan oleh orang-orang yang kita sayangi juga. Kita selalu bisa memastikan kualitas dari apa yang kita tanam dan kita makan, ” ujar Giring dikutip dari keterangan resmi Galeri Nusantara Kaya, dikutip Jumat (25/12).

Giring dan Cynthia sendiri menanam beberapa sayuran di kebun mereka, diantaranya kangkung, sawi, selada, dan masih banyak lagi. Lantaran hasil berkebun ini, mereka mampu menghasilkan masakan-masakan enak dan bergizi seperti plecing kangkung dan garden salad.

Pasangan itu merupakan salah satu bintang tamu yang muncul dalam tayangan pada YouTube IndonesiaKaya. Tayangan ini untuk memberikan inspirasi dalam memaksimalkan periode selama berada di rumah.

Episode terbaru Kuliner Indonesia Kaya (Dari Kebun Ke Dapur) menghadirkan Haykal Kamil dan istrinya Tantri Namirah. Kini, mereka pula memiliki kesibukan dalam menggarap lahan perkebunan di samping rumah itu, yang diberi nama Kutanami.

sumber: Antara