REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI–Pemkot Sukabumi berupaya agar pelaksanaan belajar daring di masa pandemi bisa berjalan dengan lancar. Di mana para orangtua diminta untuk tidak darting (darah tinggi-red) saat mendampingi anak belajar daring di rumah.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri Webinar Yayasan Sukabumi Ibu Sejati bertemakan peran orang tua mendampingi belajar anak secara daring di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Rabu (18/8). Momen ini untuk memberikan wawasan kepada para tenaga pendidik mulai PAUD dan SD dalam memahamkan orangtua agar anak belajar daring dengan baik.

Hadir dalam acara ini Bunda PAUD sekaligus pembina Yayasan Sukabumi Ibu Sejati Fitri Hayati Fahmi.” Sesuai dengan tema kegiatan harapannya tidak darting (darah tinggi-red) saat belajar daring,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Sebab tidak bisa dipungkiri 1,5 tahun Kota Sukabumi mengalami masa pandemi. Dampak pandemi kata Fahmi bukan hanya kesehatan akan tetapi berbagai bidang lainnya.

Termasuk pandemi berdampak pada pendidikan, ada istilah learning loss generation atau generasi seperti atau seolah olah hilang pembelajarannya. Hal ini kata Fahmi, jadi tantangan bagi para pelaku pendidikan termasuk menjelaskan ke orangtua karena ada yang bertanya kapan pembelajaran tatap muka dan ini menunjukkan rindu tatap muka.

Namun saat ini masih PPKM level 4 belum boleh tatap muka. Mari hormati kebijakan pemerintah pusat dan berinovasi dengan pembelajaran.

Sebab kata Fahmi, sejatinya pendidikan adalah tugas orangtua kepada anak sesuai ajaran Islam dan orangtua harus jadi guru terbaik. ” Mari terus optimis dengan situasi yang ada dan dampingi anak anak kita dalam belajar daring dengan baik,” kata Fahmi.

Harapannya orangtua dapat bersikap dewasa di masa sulit dan mengenali emosi diri agar sukses belajar daring. Bunda PAUD sekaligus pembina Yayasan Sukabumi Ibu Sejati Fitri Hayati Fahmi mengatakan, webinar ini untuk mengenali emosi diri sebagai orangtua untuk sukses mendampingi anak belajar di rumah di masa pandemi Covid-19.

Webinar ini menghadirkan pembicara penulis parenting Irwan Rinaldi. Sementara peserta webinar adalah para guru TK dan SD di Kota Sukabumi.