4 orang menambah jumlah positif covid di Lampung.

REPUBLIKA. CO. ID, BANDAR LAMPUNG – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Daerah Lampung bertambah 4 kasus menjadi 219 orang pada Kamis (16/7). Sedangkan pasien positif yang sehat tetap 169 orang, dan meninggal dunia juga tetap 12 karakter.

“Kasus terkonfirmasi nyata Covid-19, terdapat tambahan empat orang, tiga orang dari Kabupaten Lampung Selatan, dan satu orang lantaran Kota Bandar Lampung, ” kata pendahuluan Kepala Dinas Kominfotik Lampung, dengan juga juru bicara Gugus Perintah Penanganan Covid-19 Lampung nonteknis Achmad Chrisna Putra di Bandar Terkatung-katung, Kamis (16/7).

Tempat mengatakan, empat pasien positif Covid-19 tambahan tersebut yakni pertama, pasien 216 inisial LB perempuan berumur 57 tahun asal Kabupaten Lampung Selatan. Pasien merupakan hasil tracing dengan pasien 202, terkonfrimasi nyata Covid-19 dari hasil swab 15 Juli 2020. Kondisi pasien, sirih dia, baik dan menjalani isolasi mandiri.

Kedua, penderita 217 inisial YA, perempuan 27 tahun asal Lampung Selatan. Penderita diketahui hasil tracing pasien 205 terkonfirmasi positif dari hasil swab 15 Juli 2020. Kondisi anak obat baik dan menjalani isolasi sendiri di rumah.

Ketiga, pasien 216 inisial AB laki-laki berusia 53 tahun asal Lampung Selatan. Pasien adalah pelaku perjalanan pada 12 Juni 2020 hadir dari Padang, Sumatra Barat. Pada 12 Juli 2020 melaksanakan rapid test untuk persyaratan pelaku kunjungan dengan hasil reaktif.

Pada 13 Maret 2020, pasien tersebut diambil sampel swab dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada 15 Juli 2020. Saat ini  kedudukan pasien baik, dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Keempat, pasien 219 inisial IF perempuan berusia 41 tahun, asal Kota Bandar Lampung. Pada 18 Juli 2020 yang bersangkutan rendah di rawat di RS swasta di Bandar Lampung, keluhan demam. Dari hasil pemeriksaan rontgen, aib pasien mengarah ke pnemoniau.

Pada 15 Juli 2020 pemeriksaan sampel swab, terkonfirmasi positif dari hasil swab pada RSUD Abdul Moeloek Bandar Terkatung-katung pada 15 Juli 2020. Perihal pasien saat ini menjalani isolasi mandiri.

Chrisna Putra berharap masyarakat tetap melayani protokol kesehatan dengan wajib mematuhi masker, mencuci tangan di tirta mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan Hal tersebut, ujar dia, dapat memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona.

Berdasarkan data yang disampaikan Jawatan Kesehatan Provinsi Lampung, Kamis (16/7), dari 15 kabupaten/kota terdapat mulia kabupaten zona hijau yang belum terdampak Covid-19 yakni Mesuji. Sedangkan empat kabupaten lainnya zona hijau Tulangbawang Barat, Waykanan, Pesawaran, & Tulangbawang.

Namun zona kuning sembilan daerah yakni Lampung Utara, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Selatan, Kota Metro, Lampung Timur, dan Lampung Tengah, serta Bandar Lampung. Kota Bos Lampung tadinya zona merah, mendarat menjadi oranye, dan turun lagi menjadi kuning. Sedangkan Kabupaten Pesisir Barat tadinya zona kuning menjelma oranye.