Catatan Menarik Seputar Final Liga Champions antara PSG versus Bayern Muenchen

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON — Beberapa jam lagi final Liga Champions musim 2019/2020 bakal berlangsung. Paris Saint Germain bertemu Bayern Muenchen.

Bigmatch ini berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (24/8) dini hari WIB. Menurut Opta, berikut beberapa data dan fakta terkait duel tersebut.

Ini pertemuan kesembilan PSG dan Bayern di kancah Eropa. Dalam delapan bentrokan sebelumnya, wakil Prancis meraih lima kemenangan. Sisanya Die Roten unggul di tiga laga.

Pertama kalinya PSG merasakan final Liga Champions. Les Perisiens tim ke-41 yang bakal mengalami sensasi tersebut. Enam tim terakhir, yang tampil di final pertama, semuanya kalah.

Hanya Borussia Dortmund yang berhasil meraih kemenangan di final pertamanya. Itu terjadi pada 1997. Saat itu, Die Borussen menumbangkan Juventus.

Bayern Muenchen akan tampil di final Liga Champions ke-11 dalam sejarah klub tersebut. Hanya Real Madrid, tim yang lebih banyak merasakan partai final kompetisi terelit benua biru, yakni 16 kali.

Dari segi raihan gelar, Muenchen sudah mengoleksi lima trofi si kuping lebar. FC Hollywood berada di urutan keempat, di bawah Madrid (13), AC Milan (7), dan Liverpool (6).

PSG bakal mengecap final ketiga di kompetisi Eropa. Sebelumnya Les Perisiens tampil di partai puncak Piala Winners musim 1995/1996, dan 1996/1997.

Pada Liga Champions edisi terkini, Muenchen sudah mencetak 42 gol dari 10 pertandingan. Hanya Barcelona yang memiliki tabungan gol lebih banyak, dalam semusim Liga Champions, yakni pada musim 1990/2000. Saat itu El Barca mengoleksi 45 gol, dari 16 laga.