Ajakan wisata yang dimaksud juga tetap mencermati suasana pandemi Covid-19.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Juru Kata Wapres Masduki Baidlowi mengantarkan, penjelasan terkait ajakan Pemangku Presiden Ma’ruf Amin untuk berwisata ke Raja Ampat saat memberi keynote speech di acara Raja Ampat E-Festifal 2021, Senin (28/6) kemarin. Masduki menjelaskan, maksud pernyataan Wapres itu mengenai dengan persiapan wisata dalam masa mendatang apabila kondisi pandemi covid-19 sudah reda dan aman.

“Bukan zaman ini, ketika kita sedangkan menghadapi pandemi Covid-19 dengan kebijakan pembatasan-pembatasan ketat, ” kata Masduki dalam bahan tertulisnya, Selasa (29/6).

Masduki menegaskan, Wapres sangat peduli dan tetap untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat terlibat secara sungguh-sungguh menangani Covid-19 beserta dampaknya. Dia juga sangat peraturan dalam menerapkan protokol kesehatan tubuh dalam melakukan interaksi sehari-hari maupun dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden.

Karena itu, Masduki menegaskan, ajakan wisata dengan dimaksud juga tetap mencermati kondisi pandemi Covid-19. “Bahwa Wapres tidak mengajak masyarakat untuk berwisata di sedang masa pandemi Covid-19 era ini, melainkan memberikan vitalitas agar masyarakat semakin cermat menerapkan protokol kesehatan buat membantu pemulihan masyarakat pada bumi pertiwi Indonesia lantaran dampak pandemi, ” ungkapnya.

Dia menambahkan, pada saat kondisi Covid-19 sudah reda sekalipun, bangsa juga diwajibkan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang saksama. Untuk itu, Wapres membawa seluruh masyarakat jangan sampai kendor melaksanakan disiplin protokol kesehatan dan terus berikhtiar secara maksimal dalam memelihara daya tahan tubuh.

“Dengan cara kita melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, Insya Allah kita bisa menekan laju penyaluran Covid-19 dan Indonesia lekas pulih dan aman sejak pandemi Covid-19. Di era itulah kita membangkitkan ekonomi nasional, termasuk di dalamnya, mengaktifkan kunjungan pariwisata, ” katanya.

Sebelumnya, Wapres mengimbau wisatawan yang hendak berwisata di zaman pandemi Covid-19 untuk langgeng menjaga protokol kesehatan. Wapres menyampaikan hal tersebut tentang dengan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, salah satunya wisata Raja Ampat di Papua.

“Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan kecantikan alam dan budayanya. Berwisatalah dengan tetap menjalankan adat kesehatan, ” kata Ma’ruf dalam acara Raja Ampat e-Festival dengan tema Voyage to Digital Community yang disiarkan virtual, Senin (28/6).

Wapres berniat, Gerakan Bangga Berwisata bisa mendukung percepatan pemulihan daerah pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. Namun, tetap memenuhi standar protokol kesehatan buat mencegah penyebaran Covid-19.

Karena itu, tempat meminta, para pelaku cara agar menyiapkan produk-produk UMKM, seperti souvenir khas Papua yang berkualitas serta bertemu dengan minat pasar. “Selain itu siapkan pula sentra-sentra kuliner dengan konsep pola yang kekinian, namun tetap menunjukkan ciri khas adat Papua, serta memenuhi standar protokol kesehatan, ” cakap Ma’ruf.

Di kesempatan itu, Ma’ruf pula juga mendorong pengelola destinasi-destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim, tiba dari tempat shalat, makanan atau restoran halal. “Agar (wisatawan muslim) merasa sejuk dan betah, seperti tempat shalat dan makanan ataupun restoran halal, ” katanya.