Aplikasi pembuatan akta kelahiran di Sukabumi disebut Ananda Sehat

REPUBLIKA. CO. ID,   SUKABUMI — Pemkot Sukabumi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi merilis inovasi terbaru dalam pengurusan sertifikat kependudukan. Salah satunya dengan menyingkirkan layanan Akta kelahiran melalui daring segera mudah, dan cepat atau disingkat Ananda Sehat.

“Melalui layanan ini, warga yang membutuhkan sanggup mengurus akta kelahiran melalui aplikasi Android Ananda Sehat yang mampu diunduh di Google Playstore , ” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Kamis (20/8). Aplikasi tersebut menawarkan kesenangan karena segala dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam pengurusan akta kemunculan.

Di mana cakap Fahmi, warga cukup mengunggah persyaratan membuat akta kelahiranmelalui aplikasi tersebut. Sehingga warga tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil ketika mendirikan akta kelahiran.

Fahmi mengatakan, akta kelahiran adalah salinan kependudukan yang wajib dimiliki awak. Oleh karenanya pemkot memberikan penyajian untuk memudahkan masyarakat melalui media daring sehingga tidak perlu hadir ke kantor.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan servis Ananda Sehat yang bertujuan untuk mempercepat, mempermudah pengurusan akta kelahiran, ” cetus Fahmi. Layanan itu sejalan dengan upaya memutus penyaluran Covid-19.

Sebab sekapur Fahmi, warga bisa di vila untuk memproses pembuatan akta kemunculan. Hal ini dapat mencegah adanya kerumunan warga.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi menambahkan, selain akta kelahiran servis akta kematian juga menerapkan bentuk online. “Warga bisa mengunduh permintaan Kemboja Sari, ” cetus tempat.

Kardina mengatakan, kondisi pembuatan yang diunggah hanya surat keterangan kematian dari rumah lara atau kelurahan, KTP yang meninggal, dan kartu keluarga (KK).

“Baik dokumen akta kemunculan dan akta kematian akan diselesaikan dalam waktu lima hari kegiatan, ” kata Kardina. Hal tersebut diharapkan bisa memberikan pelayanan utama kepada warga.