Timer di atas ring Celtics menunjukkan 0,1 detik tersisa Anunoby melepaskan tripoin.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA — Toronto Raptors tertinggal 101-103 waktu hanya tersisa 0,5 detik. Nick Nurse yang baru saja dinobatkan sebagai coach of the year meminta time out. Strategi menyelesaikan peluang terakhir, Kyle Lowry dipercaya melakukan lemparan kedalam.

Boston Celtics yang sudah unggul 2-0 dalam semifinal Wilayah Timur dan hanya menyisakan 0,5 detik pun ikut mengatur siasat bertahan. Brad Stevens sang juru taktik, mengganti Kemba Walker dan memasukan Tacko Fall, pemain setinggi 2,26 meter yang tidak dimainkan sepanjang laga, sengaja dimasukan untuk menghalangi lemparan bola Lowry.

Setelah wasit meniup peluit, sejumlah pemain Raptors berusaha melepaskan diri dari penjagaan pemain Raptors. Freed Van Vleet sebenarnya mampu melepaskan diri dan posisinya lebih dekat dengan Lowry serta berpeluang menerima bola untuk menjadi eksekutor akhir.

Namun Lowry memilih melemparkan bola dari ujung kiri pertahanan Celtics, menuju ujung kanan lapangan. Yang dituju adalah OG Anunoby yang terlihat tidak terjaga, bola diterima dengan baik dilanjutkan dengan melepaskan tripoin. Bola meluncur bersamaan dengan buzzer Beater dan meluncur mulus ke dalam ring Celtics.

Timer di atas ring Celtics menunjukkan 0,1 detik tersisa Anunoby melepaskan tripoin. Itu berarti tembakannya Syah, dan papan skor pun berubah menjadi 104-103. Sang juara bertahan pun terhindar dari tiga kekalahan beruntun. Kini mereka menipiskan ketinggalan 1-2 dari format best of seven.

Dalam gim 3 semifinal wilayah Timur yang berlangsung Jumat (4/9) di HP Field House, Orlando, Florida, AS. Awalnya Celtics terlihat akan kembali menang. Kuarter satu unggul 33-28. Kemudian saat masuk ruang ganti semakin melebarkan jarak 57-47. Raptors terus mengejar akhir kuarter tiga menjadi 76-80.

Celtics nyaris menang 103-101 saat waktu tersisa 0,5 detik sebuah dunk Daniel Theis  hasil umpan brilian Kemba Walker. Namun drama diatas kemudian terjadi, sehingga Celtics harus merelakan kemenangan gim tiga ini 103-104.

Kyle Lowry memimpin Raptors dengan 31 poin, Van Vleet 25 poin, Pascal Siakam 16 poin, Anunoby membukukan double-double 12 poin dan 10 rebound, serta Marc Gasol 10 poin. Kemba Walker mencetak 29 poin untuk Celtics, Jaylen Brown membukukan 19 poin dan 12 rebound, Jayson Tatum kali ini menorehkan 15 poin. Gim ke empat akan digelar Ahad (6/9).