IHRAM. CO. ID, JAKARTA — Suku Biro Perhubungan Jakarta Barat tidak tertutup kemungkinan akan memperpanjang pelaksanaan zona rendah emisi (low emission zone) di Kota Tua, Tamansari tenggat akhir tahun 2020.   Hingga saat ini, Sudinhub Jakbar masih melaksanakan uji coba zona rendah emisi pada 18-23 Desember 2020.

“Atas saran dari bervariasi pihak, termasuk pak wali tanah air, dari kepolisian, itu dimungkinkan akan diperpanjang sampai akhir tahun, atau mungkin bisa diperpanjang lebih sedang, ” ujar Kasi Operasional Sudinhub Jakarta Barat Wildan Anwar dalam Jakarta, Selasa (22/12).

Wildan menyebut jadwal tersebut berkaitan dengan persiapan zona terbatas lalu lintas di Tanah air Tua.   Kendaraan bermotor yang diperbolehkan melintas dalam kawasan tersebut hanya TransJakarta. Selebihnya, hanya pejalan kaki dan pemakai sepeda yang diperbolehkan melintasi Kota Tua.

Sebab, kawasan Kota Tua merupakan warisan cagar budaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya membina pengunjung nyaman berada di kian.

Saat ini, Suku Jawatan Perhubungan Jakarta Barat tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menghalangi terbentuknya kerumunan orang di era libur Natal dan Tahun Perdana 2021. Operasi tersebut masih digodok di tingkat Provinsi.

Sementara memperhatikan rancangan Kota Tua tutup selama libur Natal dan Tahun Baru, pihaknya bersiap dengan menerjunkan sejumlah awak Sudinhub Jakarta Barat untuk membina pengunjung kembali ke rumah.

“Orang kalau datang ada kemungkinan kita arahkan kembali. Bukan melarang orang merayakan ya, namun merayakan itu di ketentuan protokol kesehatan, ” perkataan Wildan.

Untuk tahap pertama zona kecil emisi diterapkan di kawasan Kota Tua pada ruas Jalan Kali Besar Barat sisi selatan, Timah Pintu Besar Utara, Jalan Kunir sisi selatan, Jalan Kemukus, Hidup Ketumbar, dan Jalan Lada. Kendaraan yang berstiker khusus dapat meresap ke dalam area zona emisi rendah melewati Jalan Kalibesar Barat dan Jalan Kunir Sisi Daksina.

Asosiasi yang ingin ke Kota Sampai umur, ada sejumlah rute yang mampu ditempuh yakni:

– Transjakarta

Rute GR4 Taman Kota Intan – Museum Bahari

Rute GR5 Kota Tua Explorer

– KRL Commuter Line

Rute Pink (Tanjung Priok – Jakarta Kota)

Rute Biru (Cikarang – Jakarta Kota)

Rute Merah (Bogor – Jakarta Kota)

– Sepeda atau Bike sharing

 

 

TA